Views: 60

Kegiatan komunitas belajar MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri yang telah berlangsung selama satu semester ini telah memberikan ruang bagi para guru untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inovasi dalam pembelajaran IPA. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan pendidikan di abad 21 ini.

Laporan Kegiatan

Kegiatan komunitas belajar yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 November 2024 pukul 09.00 WIB di SMP Negeri 3 Wonogiri berjalan dengan lancar dan sukses. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, Sri Sutini guru SMP Negeri 3 Ngadirojo. Acara dibawakan dengan suasana hangat dan semangat. Selanjutnya, seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk penghormatan terhadap negara.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ais Widayanti, selaku Koordinator Komunitas Belajar MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri (Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Wonogiri). Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh guru yang telah aktif mengikuti kegiatan komunitas belajar selama satu semester ini. Beliau juga memberikan semangat kepada para guru untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran, terlepas dari adanya wacana perubahan kurikulum.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Sunarno, selaku Ketua Komunitas Belajar MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri (Guru SMP Negeri 1 Wonogiri). Beliau menekankan pentingnya fokus pada peserta didik dalam setiap kegiatan pembelajaran. Beliau juga menyoroti pentingnya literasi numerasi dan materi-materi pendukung lainnya yang dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan laporan Ketua Komunitas Belajar MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri, Pudy Sri Maryatmo (Guru SMP Negeri 1 Ngadirojo). Laporan disusun untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai pelaksanaan kegiatan Komunitas Belajar MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri selama satu semester terakhir. Laporan yang disampaikan mencakup laporan keuangan, keberjalanan program kerja, serta refleksi terhadap seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan.

Laporan keuangan, meliputi pemasukan (iuran anggota, bantuan kombel dari dinas lewat MGMP Rayon); pengeluaran (rincian pengeluaran, diantaranya: pembuatan baju komunitas belajar, biaya kegiatan kombel, narasumber, reportase); Saldo.

Keberjalanan Program Kerja. Selama satu semester ini, Komunitas Belajar MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri telah melaksanakan beberapa program kerja, antara lain:

  1. Pembuatan Baju Komunitas:
    • Proses pembuatan berjalan lancar dengan melibatkan seluruh anggota.
    • Baju komunitas telah didistribusikan dan digunakan pada berbagai kegiatan.
  2. Seminar Pembuatan Modul Ajar Terintegrasi TPACK:
    • Seminar diikuti oleh seluruh peserta yang terdaftar dalam Komunitas Belajar MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri.
    • Materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi peserta dalam meningkatkan kualitas modul ajar.
    • Peserta antusias dalam berdiskusi dan berbagi pengalaman.
  3. Kegiatan Berbagi Praktik Baik Penggunaan Alat Laboratorium IPA Fisika:
    • Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi guru untuk saling berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan alat laboratorium.
    • Peserta dapat mempraktikkan langsung penggunaan alat-alat yang ada.
  4. Kegiatan Berbagi Praktik Baik Pembuatan Konten Pembelajaran:
    • Kegiatan ini menghasilkan berbagai ide kreatif dalam pembuatan konten pembelajaran yang menarik dan interaktif.
    • Peserta dapat saling belajar dari keberagaman latar belakang dan pengalaman.
  5. Bimtek Kontributor Reportase di MKKS Sub Rayon 01 dan MGMP Rayon:
    • Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menulis laporan kegiatan dan artikel ilmiah.
    • Peserta antusias dalam mengikuti bimtek dan menghasilkan karya tulis yang berkualitas.

Evaluasi dan Refleksi

Berdasarkan hasil kegiatan komunitas belajar selama satu semester ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah memberikan manfaat yang signifikan bagi para guru, antara lain:

  • Peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Guru memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru terkait dengan materi pembelajaran IPA, metode pembelajaran yang inovatif, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
  • Pertukaran ide dan pengalaman. Kegiatan diskusi dan berbagi pengalaman memungkinkan guru-guru untuk saling belajar dan memperoleh inspirasi dari rekan sejawat.
  • Terjalinnya kerjasama yang baik. Komunitas belajar ini telah mempererat tali silaturahmi dan kerjasama antar guru.

Refleksi

Berdasarkan pelaksanaan kegiatan selama satu semester ini, dapat diambil beberapa refleksi sebagai berikut:

  • Keberhasilan:
    • Peningkatan kompetensi guru dalam bidang IPA.
    • Terjalinnya kerjasama yang baik antar anggota komunitas.
    • Terciptanya produk-produk pembelajaran yang inovatif.
  • Tantangan:
    • Keterbatasan waktu dan sumber daya.
    • Perbedaan tingkat kemampuan anggota.
  • Saran:
    • Perlu adanya peningkatan intensitas kegiatan.
    • Perlu melibatkan lebih banyak pihak dalam kegiatan komunitas.
    • Perlu adanya evaluasi yang lebih mendalam terhadap setiap kegiatan.

Rekomendasi untuk Program Kerja Selanjutnya.

Untuk meningkatkan efektivitas kegiatan komunitas belajar di masa mendatang, beberapa rekomendasi yang dapat dipertimbangkan adalah:

  • Memperkaya tema diskusi. Mengundang narasumber dari luar untuk memberikan materi yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan guru.
  • Melakukan studi banding. Mengunjungi sekolah-sekolah yang telah berhasil menerapkan model pembelajaran yang inovatif.
  • Mengembangkan produk pembelajaran bersama. Guru-guru dapat bekerja sama dalam mengembangkan modul pembelajaran, media pembelajaran, atau bahan ajar lainnya.
  • Memanfaatkan teknologi informasi. Memanfaatkan platform digital untuk mempermudah komunikasi dan kolaborasi antar anggota komunitas.

Program Kerja Semester 2 yang telah disepakati, diantaranya:

  • Mengadakan seminar (modul ajar: berfokus pada literasi numerasi).
  • Kegiatan berbagi praktik baik (penggunaan alat laboratorium dan literasi numerasi dalam soal IPA).
  • Pengadaan batik identitas komunitas belajar MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri.
  • Kegiatan Capacity Building MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri.

Penutup

Kegiatan Komunitas Belajar MGMP IPA Sub Rayon 01 Wonogiri merupakan langkah yang sangat positif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan IPA. Dengan terus berinovasi dan mengembangkan diri, para guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang kreatif, inovatif, adaptif dan lebih bermakna bagi peserta didik.

[Lina Lifah Pratiwi, S. Pd. / SMPIT Al Huda Wonogiri]