Views: 41
Komunitas Belajar MGMP IPA SMP Subrayon 01 Wonogiri menyelenggarakan Seminar ” Pembuatan Modul Ajar IPA Terintegrasi TPACK yang Berdiferensiasi”. Kegiatan ini diselenggarakan di SMPN 3 Wonogiri pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan seminar tersebut Sri Purwaningsih Trisnowati, yang merupakan Kepala SMPN 2 Giriwoyo Wonogiri yang juga guru penggerak Angkatan 4 Wonogiri. Bertindak sebagai moderator Rifat Nuraini guru SMPN 3 Wonogiri yang juga merupakan guru penggerak Angkatan 4 Wonogiri dan Riana Ari Darwanti guru SMPN 2 Selogiri. Peserta kegiatan seminar adalah anggota dari komunitas belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri. Acara dibuka moderator dengan membacakan susunan acara, doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Paparan Materi dari Narasumber Sri Purwaningsih Trisnowati Kepala SMPN 2 Giriwoyo
Acara selanjutnya, Laporan dari Ketua MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri Pudi Sri Maryatmo, yang merupakan guru SMPN 1 Ngadirojo yang juga guru penggerak Angkatan 7 Wonogiri. Beliau menyampaikan terima kasih atas tersedianya sarpras di SMPN 3 Wonogiri dalam penyelenggaraan kegiatan Kombel MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri. Agenda kegiatan yang akan dilaksanakan secara luring setiap satu bulan satu kali, untuk kegiatan kombel ada tiga yaitu yang pertama seminar Pembuatan Modul Ajar IPA Terintegrasi TPACK yang Berdiferensiasi dan dua praktik baik penggunaan alat-alat laboratorium IPA. Pertemuan kali ini dalam pembuatan modul ajar yang esensial adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Asesmen

Sambutan Koordinator MGMP IPA Rayon Wonogiri
Dilanjutkan dengan sambutan Koordinator MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri Ais Widayanti juga guru penggerak A4 sekaligus Kepala SMPN 3 Wonogiri. Beliau menyampaikan bahwa pentingnya kombel untuk sharing sehingga mohon bapak dan ibu guru IPA untuk meluangkan waktu mengikuti kegiatan yang diselenggarakan komunitas belajar MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri. Pada seminar ini dengan pembuatan modul ajar terintegrasi TPACK yang berdiferensiasi adalah hal baru yang dapat memberi warna pada modul ajar IPA yang tentunya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpihak pada murid. Sambutan yang kedua dari Ketua MGMP IPA Rayon Wonogiri Sunarno yang merupakan guru SMPN 1 Wonogiri. Beliau menyampaikan pembuatan modul ajar dan materi disesuaikan dengan buku siswa dan buku guru. Kegiatan IPA dititikberatkan pada kegiatan Subrayon, selain itu rayon juga akan menyelenggarakan tiga kegiatan.

Diskusi Narasumber dengan Peserta di Kegiatan Seminar
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber seminar, Sri Purwaningsih Trisnowati. Tujuan kegiatan dapat merancang dan mengembangkan modul ajar terintegtari TPACK dan berdiferensiasi. TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pengetahuan tentang pentingnya integrasi antara teknologi dan pedagogik dalam pengembangan konten di dunia pendidikan. TPACK: Integrasi yang tepat antara TK, PK, dan CK untuk mendukung pembelajaran yang efektif. Content Knowledge (CK): Memahami isi kurikulum IPA yang akan diajarkan. Pedagogical Knowledge (PK): Memiliki strategi pengajaran yang efektif untuk mengajarkan materi IPA. Technological Knowledge (TK): Pemahaman tentang alat dan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran diferensiasi dapat berupa diferensiasi konten, proses dan produk. Dari ketiga diferensiasi dapat memilih salah satu. Contoh pembelajaran yang disisipi TPACK contohnya menayangkan video pembelajaran konten dari youtube, siswa diminta menyampaikan apa yang ditayangkan dalam video. Penggunaan power point untuk memberikan pembelajaran di kelas juga termasuk technologi. Dalam langka-langkah kegiatan pembelajaran dengan sintak-sintaknya dan ditempeli dengan inovatif TPACK juga diferensiasi. Beliau dengan jelas memaparkan pembuatan modul ajar disertai dengan contoh-contoh yang konkrit membuat peserta seminar menjadi bersemangat. Beberapa peserta bertanya dalam mengaplikasikan TPACK dalam modul ajar yang telah dibuat, narasumber dengan jelas memberikan jawaban yang memuaskan bagi penanya dan peserta seminar.Sebagai penutup, narasumber menyampaikan bahwa pembuatan modul ajar IPA terintegrasi dengan TPACK dan berdiferensiasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan sesuai kebutuhan siswa di zaman sekarang.




(Sri Sutini, S.Pd_SMPN 3 Ngadirojo)