Views: 59

Wonogiri,23 Juli 2025

Rabu,23 Juli 2025 telah berlangsung kegiatan workshop inovasi pembelajaran matematika dengan tema “Penerapan Canva Magic AI Untuk Peningkatan Kualitas Ajar di Wonogiri”.Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di ruang pertemuan SMP Negeri 1 Wonogiri,dengan narasumber dari UNS.Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan pembawa acara Zaina Danisrina mahasiswi Pendidikan Matematika UNS yang mengawali dengan ucapan selamat datang serta ucapan basmalah,dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Idonesia Raya.

Yuli Bangun Nursanti selaku ketua pelaksa menyampaikan pembaharuan Pendidikan dengan memprioritaskan  koding dan AI.AI dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga guru mampu mengikuti perkembangan zaman yang semakin berkembang.Beliau juga menyampaikan tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pengajaran,melaksanakan penelitian dan pengabdian Masyarakat.

Suparno selaku kepala SMP Negeri 1 Wonogiri memberi sambutan dengan ucapan selamat datang dan permohonan maaf atas penerimaan dan fasilitas yang kurang berkenan.

Gatot Wibowo selaku ketua MGMP Matematika Rayon menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran koordinator MGMP Sub Rayon 01 karena bersamaan dengan kegiatan lain.Gatot juga menyampaikan informasi tentang jumlah sub rayon matematika terdiri dari 5 sub rayon dengan anggota sejumlah 243 orang,serta menyampiaikan materi di semester gasal masih mengacu pada tahun sebelumnya. Gatot Wibowo juga menyampaikan  tentang rencana pembuatan soal-soal prediksi TKA yang akan berkolaborasi dengan UNS.

Yuli Bangun Nursanti

Suparno dan Gatot Wibowo

Memasuki inti kegiatan workshop, penyampaian materi oleh Farida Nur Khasanah selaku kaprodi pasca sarjana matematika UNS menyampaikan informasi tentang beasiswa untuk pasca sarjana baik yang ASN maupun non ASN serta penyampaian  pemanfaatan nearpod untuk membantu pembelajaran di sekolah.Nearpod adalah platform pembelajran interaktif dan menarik yang melibatkan siswa baik di kelas maupun secara daring.Dalam nearpod terdapat konten multimedia seperti gambar,video,dan animasi yang dapat digunakan guru untuk membuat presentasi.Selain itu nearpod juga membantu guru untuk menambahkan berbagai jenis kuis,jejak pendapat,pertanyaan terbuka,melacak kemajuan murid serta memberikan umpan balik yang dapat digunakan guru untuk menghemat waktu dan tenaga serta mengetahui perkembangan belajar murid..Selanjutnya pemateri kedua oleh Gibran Kholil Gibran selaku mahasiswa matematika UNS semester enam menyampaikan tentang penggunaan canva AI yang sangat membantu seorang guru untuk merancang ,membuat dan mengaplikasikan materi,modul,maupun LKPD dalam pembelajaran.Canva AI juga dapat mengubah dari konsep hingga menjadi kreasi nyata hanya dalam waktu singkat.Canva AI membantu dalam membuat gambar,video,konten tertulis yang dapat digunakan guru untuk membuat presentasi lebih menarik dan juga dapat disisipi video maupun kuis dalam presentasi tersebut.Gibran Kholil Gibran juga mempraktekan bagaimana penggunaan canva AI dalam pembuatan modul ajar yang sesuai dengan kemauan guru,serta memandu peserta workshop dalam pemanfaatan canva AI tersebut.Gibran juga memberikan contoh bagaiamana cara membuat modul yang disambungkan dengan web.

Farida Nur Khasanah

Gibran Kholil Gibran

Peserta sangat antusias sekali terbukti banyak peserta yang bertanya mengenai masalah-masalah yang dihadapi guru saat pembuatan modul ajar dengan pemanfaatan canva AI.Selain itu juga Didik Meiyono salah satu peserta workshop juga mempresentasikan hasil karyanya dengan menampilkan gambar tentang transformasi.Begitu juga Sri Rejeki menanyakan apakah dapat mengecek data siswa yang mengerjkan tugas jika menggunakan canva AI dan apakah kode AI jika sudah dipublikasikan dapat diubah kembali.Kemudian pertanyaan yang lain dari Dwi Tugaswati bagaimana cara memasukan LKPD dalam kode AI. Sebagai penutup acara workshop pembacaan doa oleh Rizky Iqbal Maulana mahasiswa matematika UNS,dan kesan dari Yuli Bangun Nursanti,beliau berkesan dan merinding dengan semangat peserta workshop pada hari ini.

By Dwi Tugaswati